Cara Mencegah Rambut Rontok

Cara Mencegah Rambut Rontok – Rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia baik laki-laki atau pun wanita, menjaganya merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Ketika salah satu masalah rambut menimpa anda, seperti rambut rontok hal ini pasti membuat anda tidak akan tinggal diam dan langsung mencari solusinya.

Cara Mencegah Rambut Rontok
image: rancahpost.co.id
Anda dapat mencegah kerontokan rambut dengan mengikuti cara-cara yang akan kami rekomendasikan, sebagai berikut: 

8 CARA MENCEGAH RAMBUT RONTOK

1. Gunakanlah Sisir Yang Bergigi Jarang

Hal ini bertujuan agar rambut dapat tersisir dengan mudah serta terhindar dari rambut patah dan rontok. Selain itu juga menggunakan sisir bergigi jarang dapat melancarkan sirkulasi darah dikepala dan mengembalikan minyak alami rambut.

2. Pilihlah Produk Shampo Yang Sesuai Jenis Rambut

Pemilihan shampo yang sesuai jenis rambut anda sangatlah penting agar rambut anda dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Cuci rambut secara teratur 3 sampai 4 kali dalam semiggu atau lebih. Hal ini dapat disesuaikan terlebih jika anda melakukan aktifitas olah raga yang mengakibatkan produksi keringat berlebih atau berenang dilaut. Bersihkan rambut sampai bersih dari sisa garam dan klorin karena dapat merusak folikel rambut.

3. Kombinasikan Shampo, Pelembab dan Kondisioner

Anda dapat mengaplikasikan shampo saat keramas, lalu gunakan kondisioner setelah keramas agar rambut dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Gunakan kondisioner pada batang rambut tanpa mengenai kulit kepala serta bersihkan dari sisa kondisioner, karena hal jika tidak dibersihkan dengan bersih akan membuat rambut menjadi rusak dan lepet. Gunakan pelembab setelah rambut bersih setengah basah dan kering.

4. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hair dryer

Sebaiknya biarkan rambut kering dengan sendirinya tanpa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, atapun menggosok-gosok kan rambut pada handuk saat basah dan menyisirnya. Karena hal ini dapat merusak rambut, sehingga rentan terhdap kerontokan.

5. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu kecang hanya akan menyakiti rambut karena pori-pori rambut seperti tertarik dan sulit untuk bernafas. Hal ini juga dapat menyebabkan resiko kerontokan yang lebih tinggi. Hindari juga mengikat rambut saat masih basah atau berkeringat, karena kondisi seperti dapat menghambat sirkulasi darah dikepala. Selain itu juga, rambut akan menjadi lembap serta bau.

6. Hindari stress

Karena terlalu banyak pikiran akan mempengaruhi suatu hormon, sehingga rambut akan menjadi lebih rentan terhadap kerontokan. Kondisi ini biasanya terjadi pada perempuan, karena perempuan rentan terhadap stress.

7. Penuhi Kebutuhan Akan Protein

Protein dapat anda peroleh dari makanan seperti telur, keju, daging, susu, ikan dan lain-lain. Protein membantu dalam menutrisi rambut agar tumbuh dengan sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai masalah rambut seperti kerontokan, bercabang, patah-patah dll.

8. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Berada dalam paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama dapat mengurangi minyak serta kelembaban rambut. Gunakan pelindung kelapa saat berada dalam sinar matahari langsung seperti gunakan vitamin, masker, topi, kerudung dan yang lainnya. Cara ini dapat menghindarkan anda dari kerusakan rambut.

Nah itulah, beberapa cara mencegah rambut rontok agar anda lebih tahu cara dan hal yang harus dilakukan. Karena keindahan anda sebagian terletak dari rambut anda. Selamat mencoba.