Manfaat Madu Lengkap Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu bisa diandalkan untuk mengatasi banyak penyakit dan juga untuk mempercantik diri. Hampir setiap orang yang ingin sehat dan cantik secara alami pastinya memilih madu. Sejak ribuan tahun lalu madu sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional yang sangat mujarab.

Manfaat Madu Lengkap Untuk Kesehatan

Namun saking banyak manfaat madu yang bisa diambil, orang semakin pintar mengakali madu untuk dicampur dengan pemanis lainnya, untuk selanjutnya dijual dipasaran dengan label madu asli. Soal asli tidaknya madu, yang kita tau madu sangat dibutuhkan tubuh kita. Dan untuk manfaat madu lebih jauh sebaiknya simak terus secara detail manfaat madu dibawah ini yang dikutip dari okezone.


Berikut ini adalah kandungan nutrisi dalam madu, supaya kita semakin yakin kalau madu itu kaya nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh kita.
Nilai nurtrisi madu per 100 g (3.5 oz)
1. Energi                          : 1.272 kJ (304 kcal)
2. Karbohidrat                 : 82.4 g
3. Gula                            : 82.12 g
4. Serat pangan               : 0.2 g
5. Lemak                         :  0 g
6. Protein                         : 0.3 g
7. Air                                : 17.10 g
8. Riboflavin (Vit. B2)       : 0.038 mg (3%)
9. Niacin (Vit. B3)            : 0.121 mg (1%)
10. Pantothenic acid (B5)  : 0.068 mg (1%)
11. Vitamin B6                  : 0.024 mg (2%)
12. Folate (Vit. B9)           : 2 µg (1%)
13. Vitamin C                    : 0.5 mg (1%)
14. Calcium                       : 6 mg (1%)
15. Iron                             : 0.42 mg (3%)
16. Magnesium                  : 2 mg (1%)
17. Phosphorus                 : 4 mg (1%)
18. Potassium                    : 52 mg (1%)
19. Sodium                        : 4 mg (0%)
20. Zinc                             : 0.22 mg (2%) 

Manfaat madu untuk Kesehatan

1. Sebagai penambah energi.  Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu akan menghasilkan cadangan glikogen dalam hati yang bermanfaat untuk menyuntikkan energi ketika tubuh sedang membutuhkannya. 

2. Mendukung fungsi otak selama tidur. Caranya : minum 1 sendok madu sebelum tidur dapat mendukung fungsi otak. Kandungan Fruktosa dalam madu disimpan sebagai cadangan energi di hati dan siap untuk menjadi bahan bakar otak selama malam terlewati.

3. Membantu proses penyembuhan penyakit.  Madu memilikiefek antibakteri internal dan eksternal yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi selain efektif sebagai perisai, madu pun dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan penyakit.

4. Sebagai Antivirus. Madu bisa menjadi antivirus alami ketika Anda terserang influenza yang disebabkan oleh virus. Dalam studi kedokteran dari Pennsylvania State College mengatakan, kalau minum madu disaat terserrang flu akan bisa mengungguli keampuhan obat flu yang banyak di jual di pasaran.

5. Sebagai pertolongan pertama ketika terluka infeksi. Penelitian pada 2007 oleh Shone Blairat dari Sydney University menyimpulkan, madu pun bisa menjadi alat pertolongan pertama atau perban ketika Anda mengalami luka infeksi.

6. Untuk Menyehatkan Lambung. Caranya : mengonsumsi 2 sendok teh madu selama 3 kali sehari akan menyehatkan lambung. Madu akan mendukung bakteri usus menjadi lebih ramah, membantu kelancaran pencernaan, serta baik bagi yang memiliki irritable bowel syndrome (IBS) dan sariawan.

7. Membantu  mengurangi berat badan. Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang larut dalam kolesterol dan lemak dalam tubuh. Gula pasir akan semakin membuat berat badan berlebih, sedangkan vitamin dan mineral dari madu mentah meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar lemak. Namun madu akan bisa membantu menurunkan berat badan jika digabungkan dengan diet sehat dan olahraga.  Untuk hasil maksimal.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu mentah memiliki niacin, riboflavin, thiamine dan asam amino, yang juga mengandung mineral seperti kalsium, tembaga magnesium, dan seng, yang  baik untuk regulasi tubuh, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

9. Memperkuat janin yang lemah dalam kandungan. Banyak peneliti mengatakan, kalau madu bagus  untuk memperkuat janin yang lemah dalam kandungan. Madu juga bisa membangun stamina wanita hamil serta kesehatan bayi selama kehamilan.
Madu membantu perkembanganotak bayi. Otak bayi terus berkembang sampai usia 5 tahun. Madu memberikan nutrisi penting untuk tubuh bayi, dan akhirnya akan membantu dalam pertumbuhan otak bayi, serta dapat meningkatkan IQ dan EQ bayi. Untuk dosisnya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

10. Meningkatkan nafsu makan anak-anak. Kandungan unsur lengkap vitamin B bisa membuat anak-anak menjadi sehat, ceria dan energik. Madu bisa melindungi anak dari penyakit. 

Manfaat Madu Untuk kecantikan

1. Merawat kulit berminyak. Madu merupakan humectant yang memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat kelembapan. Jadi madu sangat ideal untuk merawat kulit berminyak dan noda di kulit.

2. Membantu merawat jerawat ringan. Sifat antibakteri dalam madu dapat melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori dan berkontribusi terhadap produksi minyak berlebih. Bahkan afektivitas madu sebagai antimicrobial agent dpat berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Dan akhirnya kandungan antimicrobial dalam madu bermanfaat dalam perawatan jerawat ringan.

3. Sebagai perawatan kulit untuk  pengelupasan kulit mati. Madu digunakan untuk menciptakan alphahydroxy acids (AHAs). AHAs merupakan kandungan penting yang ada dalam setiap krem kulit dan pelembap karena fungsinya sebagai pengelupas kulit.

4. Mengurangi sembab dan kantung mata. Perawatan dengan madu sangat baik untuk merelaksasikan otot muka dan mengurangi kantung mata dan hitam bawah mata juga mata sembab.

5. Membuat awet muda. Madu merupakan pelembap dan pembersih alami. Kandungan anti-penuaan yang membuat awet muda dan menghilangkan sel-sel kulit mati dari wajah.

6. Perawatan kulit wajah kering. Kandungan moisturizer yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah kering. Caranya : Ambil 2 sendok makan alpukat, 2 sendok makan madu, dan 1 kuning telur campur sampai merata. Lalu usapkan ke seluruh wajah, biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan air hangat untuk membuat kulit cantik dan lembut.

7. Perawatan kulit wajah berminyak. Caranya : Ambil 3 buah wortel besar parut  dan campur dengan 5 sendok makan madu atau yogurt. Kemudian usapkan di seluruh wajah dan tunggu selama 15 atau 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Madu bisa juga Anda manfaatkan sebagai Body Scrub. Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan wajah, madu juga memiliki fungsi lain untuk tubuh. Manfaatkan madu sebagai lulur, madu dapat meremajakan dan membersihkan kulit dari kotoran yang menempel di tubuh. Semoga Manfaat madu diatas bisa bermanfaat, selamat mencoba manfaat madu, dapatkan sejuta manfaatnya.