Perawatan Wajah Berjerawat

Bagaimana cara melakukan perawatan wajah berjerawat yang baik dan benar? Memiliki wajah yang berjerawat pastinya dapat membuat anda merasa minder atau kurang percaya diri, akhirnya anda enggan bergaul dan berkumpul bersama teman. Jerawat merupakan masalah yang umum terjadi, terutama pada masa remaja yang akan menginjak dewasa.

Perawatan Wajah Berjerawat
image: tribunnews.com

Masalah jerawat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu :

- Kurangnya memperhatikan kebersihan dari kotoran yang menempel akibat polusi udara
- Faktor genetik atau keturunan
- Kulit wajah yang cenderung berminyak
- Akibat pemakaian kosmetik atau krim wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda
- Akibat efek dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu
- Kurang tidur
- Sering mengkonsumsi makanan berlemak
- Darah kotor
- Perubahan hormon seperti pada waktu haid atau masa kehamilan
- Stres dan masih banyak lagi penyebab-penyebab lainnya.

Bagi yang tidak ingin memiliki wajah yang berjerawat, anda dapat melakukan pencegahan seperti :

- Rutin dan teratur membersihkan membersihkan kulit wajah
- Cukupi cairan dengan minum air putih sebanyak 2 liter setiap harinya
- Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran
- Cukupi jam tidur anda maksimal 8 jam setiap harinya
- Hindari stres
- Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika anda akan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

Lalu, yang menjadi pernyataan, bagaimana cara mengatasi wajah yang berjerawat? kami ulas dan berikan informasinya untuk sobat semua. Simak tuntas dibawah ini.

Berikut ini merupakan beberapa cara ampuh melakukan perawatan wajah berjerawat, diantaranya yaitu :

1.Rutinlah Membersihkan Kulit Wajah

Bersihkanlah kulit wajah setiap harinya minimal 2 kali sehari atau setelah anda melakukan aktivitas diluar rumah yang dapat membuat kulit wajah anda kotor. Bersihkan kulit wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang direkomendasikan khusus untuk jenis kulit wajah yang berjerawat.

2.Pakailah Produk Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Wajah Anda

Gunakan jenis produk kulit yang khusus untuk menghilangkan jerawat seperti krim, namun hati-hati dalam memilih jenis produk, karena banyak jenis produk tiruan yang memiliki kandungan kimia berbahaya. Hal ini dikarenakan, jenis produk wajah yang kurang tepat dapat membuat kondisi wajah anda akan semakin parah. Pakailah krim sesuai dengan aturan pemakaian yang tercantum di dalam kemasan.

3.Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih dapat membantu menetralisir racun dan kotoran di dalam tubuh dan kulit, sehingga dengan minum air putih sebanyak 2 liter setiap harinya dapat membantu mempercepat dalam menghilangkan jerawat.

4.Perbanyak Mengkonsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Kita tahu dong, sayuran dan buah-buahan juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Kulit kita memerlukan asupan nutrisi seperti vitamin, mineral dan kandungan nutrisi yang lainnya.

5.Rajin Berolahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan, pada saat melakukan olahraga kulit akan mengeluarkan banyak keringat dari dalam pori-pori, sehingga kotoran yang ada di dalam pori-pori kulit dapat terbawa keluar bersamaan dengan keringat.

Setelah anda mengetahui penyebab, cara mencegah dan cara melakukan perawatan wajah berjerawat dapat membuat anda semakin lebih waspada. Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kita semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil