Inilah Diet Sehat Yang Anda Perlu Tahu

Pada Intinya, diet sehat adalah pengaturan pola makan dengan suatu tujuan, apakah itu untuk menurunkan berat badan atau untuk mengobati suatu penyakit tertentu. Kebiasaan makan makanan yang sehat itu sebenarnya tidak membingungkan atau sesulit yang kita bayangkan. Hanya saja kita terkadang memang sudah terbiasa dengan makanan yang kurang sehat.

Diet Sehat Yang Anda Perlu Tahu

Pada dasarnya prinsip dari diet sehat itu sendiri adalah makan berbagai macam makanan yang sehat, yang akan memberikan kontribusi gizi ke badan kita lebih bervariasi. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serat, biji-bijian, vitamin, mineral dan lain sebagainya. Kata diet itu sendiri sebenarnya lebih di peruntutkan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur pola asupan nutrisi tertentu. Dalam perkembangannya, diet dalam mengatur pola asupan nutrisi itu dibagi menjadi berberapa jenis, seperti berikut :

Menurunkan berat badan (di peruntutkan untuk orang yang ingin menjaga penampilan) Meningkatkan berat badan (di peruntutkan untuk olahragawan atau atlet yang ingin meningkatkan massa otot) Pantangan terhadap makanan tertentu, misalnya diet rendah gula untuk penderita diabetes. Seperti apa sih diet sehat secara alami?

Untuk menurunkan berat badan secara sehat seseorang perlu melakukan diet dengan gizi yang seimbang, tidak berlebihan dan tentunya disertai dengan olahraga yang teratur. Kurangi mengkonsumsi asupan energi, seperti karbohidrat, lemak, gula dan lain sebagainya yang hanya menghasilkan energi saja. Bagaimana dengan diet secara ketat? Diet secara ketat sangat tidak dianjurkan ya, apalagi buat anda yang berusia diatas 40 tahun. Penurunan berat badan satu kilogram saja itu sudah sangat cukup dalam waktu satu minggu. Bahkan kalau bisa dalam waktu satu bulan cukup dua sampai tiga kilogram saja. 

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh seseorang yang sedang diet adalah menghapus semua makanan yang berkalori tinggi, tetapi dia lupa menghapus minuman yang berpotensi menggemukan badan, seperti minuman yang manis. Minuman yang kaya dengan kandungan gula itu juga bisa menyumbang kalori yang sangat banyak dalam tubuh. Jadi buat kalian yang memang serius program diet konsumsilah minuman yang bisa meningkatkan pembakaran lemak dan membantu penurunan berat badan.

Ini adalah minuman yang mungkin membantu anda dalam menurunkan berat badan :

Minum air putih yang banyak. Air putih itu sangat di perlukan untuk pembakaran dalam tubuh sehingga dapat membantu untuk penurunan berat badan. Air putih juga mampu menahan rasa lapar yang biasa menyerang pelaku diet pada malam hari. Pelaku diet pun terhindar dari dehidrasi karena kebiasaan sehat minum air putih.

Konsumsi susu, mungkin anda berpendapat selama ini mengkonsumsi susu itu dapat merusak program diet. Pendapat itu salah, hasil riset yang dilakukan oleh tim University Of Tennessee menunjukkan bahwa mereka yang diet tetapi tetap minum susu dua gelas sehari ternyata justru bisa menurunkan berat badan dan hingga 70% lebih banyak dibandingkan mereka yang asupan kalorinya sama namun tidak meminum susu. Apabila kondisi demikian anda bisa mencoba dulu dengan susu yang rendah kalori.

Minuman teh hijau, teh ini menjadi favorit para pendiet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lima teh hijau setiap harinya akan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 5%. Apabila metabolisme tubuh anda membaik, maka proses pembakaran lemak dalam tubuh anda juga akan semankin meningkat. Pilihan minuman sehat lainnya adalah kopi. Minuman kopi ternyata dapat mengurangi makan sampai dengan 35%. 

Manfaat teh hijau

Kafein yang terkandung di dalam minuman kopi ternyata membuat orang menjadi semakin semangat berolahraga dan membakar lemak lebih banyak 35%. Namun jangan mengkonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir dalam sehari. Sebab kandungan kafein dapat naikkan denyut jantung dua kali lipat. Jika hasrat minum kopi tinggi alihkan dengan meminum air putih yang tidak saja menyegarkan tetapi juga dapat membersihkan usus anda.

Bicara mengenai kopi, kita sebenernya dapat belajar dari wanita prancis. Sejak lama, wanita prancis setiap menutup acara makan mereka dengan minum kopi pahit. Rasa pahit dari kopi itu menutup keinginan mereka untuk makan hingga jam makan berikutnya. Karena itu, tentunya kita tidak heran ya apabila tubuh wanita prancis itu terlihat langsing dan indah.

Ini adalah kunci diet ala orang prancis, yaitu mengonsumsi makanan yang disukai, tetapi sedikit takaran porsinya. Selain itu, usahakan jangan makan pada saat menonton televisi atau membaca buku. Makan dengan konsentrasi terbelah seperti itu justru membuat orang makan tanpa kendali sehinggga tanpa sadar telah menghabiskan dua mangkok bungkus cemilan yang berkalori sangat tinggi.

Banyak orang menjalani berbagai metode untuk menurunkan berat badan, diantaranya adalah diet dengan rendah kalori, mesin olahraga, pil diet, dan lain sebagainya. Nah, kebanyakan yang sering mereka gunakan adalah metode diet dengan rendah kalori, ini biasanya dilakukan dengan mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi. Dengan mengurangi makanan yang kita konsumsi secara ketat, tubuh juga akan mengalami kekurangan vitamin dan mineral yang bisa mengakibatkan stres, kelaparan, lemas, mudah marah, dan sakit.

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan secara aman, sehat, dan tanpa stres adalah dengan diet sehat atau pilih makanan yang asupan gizinya seimbang, dan melakukan aktivitas fisik yang memadai seperti olahraga dan lain sebagainya. Diet sehat secara alami sangat dianjurkan karena tidak beresiko tinggi untuk kesehatan tubuh itu sendiri.