Resep Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Butuh waktu minimal satu hingga empat minggu dalam menjalankan diet sampai memperoleh berat badan ideal sesuai keinginan. Dalam kurun waktu tersebut, pelaku diet diharuskan menjaga pola makan dan gaya hidupnya, hal ini meliputi makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya, pukul berapa harus beristirahat, berapa lama olahraga yang harus dijalankan setiap harinya dan lain sebagainya.

Resep Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Terkait dengan makanan yang bisa dikonsumsi, banyak orang merasa bosan selama masa diet karena hanya memiliki beberapa menu makan saja selama diet. Padahal sebenarnya, banyak sekali resep makanan diet sehat yang bisa digunakan saat menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa resep diet sehat untuk sarapan, makan siang dan makan malam yang berhasil dirangkum dari banyak sumber.

1. Ikan Salmon dan Roti Panggang

- Satu setengah sendok makan krim keju
- Satu roti gandum murni yang telah dipanggang
- Satu irisan bawang merah
- Satu sendok makan daun bawang
- Ikan salmon secukupnya
- Letakkan ikan salmon di atas roti gandum lalu taburkan irisan bawang, daun bawang dan krim keju.
Gunakan krim keju rendah lemak agar jumlah kalori tidak melebihi 360 kalori.

2. Telur dan Sayuran Hijau

- Irisan jamur sebanyak satu gelas kecil
- Sebutir telur
- Satu sendok makan minyak zaitun
- Dua gelas kecil daun bayam
- Panaskan minyak zaitun dalam wajan lalu tumis bayam dan jamur, setelah beberapa lama, pindahkan ke piring.
Sekarang, panaskan kembali minyak zaitun yang masih ada untuk menggoreng telur. Setelah telur tersebut matang, letakkan di atas sayur dan siap dikonsumsi. Jumlah kalori pada resep diet sehat ini hanya sekitar 230 kalori saja.

3. Sandwich Tahu

- Tahu yang sudah dihaluskan sebanyak 28 gram
- Satu sendok teh minyak zaitun
- Paprika yang sudah dicincang
- Dua sampai tiga gelas kecil jamur
- Bayam cincang sebanyak satu gelas kecil
- Tumis semua bahan di atas dalam wajan menggunakan minyak zaitun selama 5 menit. Buatlah sandwich dengan keju rendah lemak dan -tumisan tersebut.

Total kalori pada resep ini sekitar 328 sehingga masih bisa dimasukkan ke dalam daftar makanan sehat untuk diet. Resep ini juga sangat cocok bagi para pelaku diet vegan atau penganut paham vegetarian. Selain tidak menggunakan daging, sandwich tahu juga tinggi protein namun rendah kalori.

4. Roti Isi Delima dan Jeruk

- Dua sendok makan madu
- Seperempat gelas kecil keju rendah lemak
- Irisan jeruk secukupnya
- Biji delima secukupnya
- Roti gandum
- Campurkan madu dengan keju rendah lemak di atas roti gandum, kemudian letakkan pula bahan-bahan yang masih tersisa lainnya sehingga terbentuk seperti gambar di atas.

Jumlah kalori pada resep diet sehat ini hanya sekitar 291 kalori saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biji delima sangat baik untuk menurunkan berat badan karena dapat mempercepat proses pembakaran lemak. Empat menu makan di atas bisa dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang ataupun makan malam. Bila dikombinasikan dengan minuman sehat, maka hasilnya akan semakin baik. Untuk mengetahui minuman sehat apa saja yang bisa digunakan untuk melengkapi menu di atas, berikut penjelasannya.

RESEP DIET SEHAT (MINUMAN PELENGKAP)

Selain air putih, pelaku diet juga bisa mengkombinasikan beberapa jenis buah dan sayur untuk dijadikan sebagai minuman pelengkap. Selain nikmat, minuman ini juga kaya vitamin dan nutrisi penting lainnya.

Jeruk Dan Yogurt

1.Satu sendok makan gandum
2.Setengah sendok teh madu
3.Yogurt rendah lemak sebanyak 28 gram
4.Satu buah jeruk berukuran sedang
5.Masukkan gandum ke dalam gelas sebagai dasarnya, kemudian masukkan bahan tersisa lainnya sehingga bentuknya seperti gambar di atas.
Gandum bisa dihaluskan terlebih ddahulu, tergantung selera masing-masing.

Jus Buah Berry

1. Satu buah pisang yang telah diiris menjadi beberapa bagian
2. Setengah gelas kecil susu rendah lemak
3. Seperempat gelas kecil buah stroberi
4. Setengah sendok teh madu
5. Satu sendok teh selai kacang

Masukkan semua bahan di atas ke dalam blender dan nyalakan selama satu menit atau sampai halus, pindahkan ke dalam gelas dan minuman siap disajikan. Potasium yang ada dalam resep diet sehat ini diketahui dapat mempercepat penurunan berat badan, sedangkan jumlah kalori yang ada di dalamnya hanya sekitar 225.

Itulah sobat yang kami berikan informasi mengenai resep diet sehat untuk menurunkan berat badan anda semua, silahkan anda coba dirumah anda masing-masing. Terima kasih dan semoga bermanfaat.